5 Tips Membedakan Produk Branded Original, OEM, dan Replika

5 Tips Membedakan Produk Branded Original, OEM, dan Replika

Memiliki barang branded, baik vintage maupun second, bisa meningkatkan prestise tersendiri bagi pemilik dan penggunanya. Sayangnya, banyak yang jual tas, baju bahkan jual sepatu wanita branded replika (tiruan atau palsu). Anda mungkin tidak akan tertipu jika membelinya di portal online 9to9 Hush Puppies. Tapi bagaimana jika beli secara offline?

Lima tips untuk membedakan produk branded original, OEM, dan replika yang dirangkum dari berbagai sumber berikut bisa Anda cermati sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli produk branded favorit, misalnya tas.

1. Raba Pola Bahan dan Jahitan
Cek Kualitas Risleting dan Kancing
Perhatikan sambil raba pola bahan dan jahitan tasnya, baik bagian sambungan kain, maupun jahitan pada risletingnya. Pola bahan dan jahitan produk original dan OEM tampak rapi, sedangkan untuk kualitas replika, benang jahitan kadang terlihat longgar sehingga mudah sobek. Hal ini dikarenakan produksinya lebih mengutamakan kuantitas daripada kualitas.



2. Klarifikasi Bentuk Logo
Cek logo tas di internet atau laman resminya dengan produk tas yang akan Anda beli. Perhatikan kesamaan bordiran ikon dan posisi hurufnya dengan baik. Logo merek dari barang branded original dan OEM yang terbuat dari logam biasanya menempel rata di permukaan tas, tidak seperti produk replika yang menyembul karena pemasangannya hasil lem-an.

3. Cek Kualitas Risleting dan Kancing
Kualitas risleting sering menjadi masalah utama suatu produk, terutama tas yang ingin Anda beli. Pegangan risleting branded original dan OEM biasanya disertai logo merek/ikon, lancar, dan tidak mudah menyangkut/macet. Jika baju, cek kancingnya. Baju branded original dan OEM biasanya dilabeli khusus mereknya. Selain itu, ada kancing cadangan yang disematkan di bagian dalam leher.

Hindari membeli barang pajangan, meski SPG-nya mengatakan tas incaran Anda merupakan produk branded original terlaris dan tinggal satu-satunya, karena biasanya sudah sering dicoba oleh calon pembeli lain sehingga lebih cepat rusak.

4. Amati Label Harga dan Barcode
Amati dengan saksama label harga atau tag. Produk original dan OEM biasanya ditulis dengan nama negara, bukan kota. Misal, Made in Perancis, bukan Paris. Cek pula barcode-nya. Hasil scan akan mengarahkan Anda ke laman resmi perusahaan yang memproduksi tas. Cek juga nomor serinya di laman otentifikasi produk bermerek melalui web browser.

Harga tas branded yang dijual dengan harga miring biasanya bukan produk original, tapi OEM atau replika. Barang original tentunya melalui proses produksi dan pengecekan QC (Quality Control) yang ketat, standardisasi tinggi, serta material berkualitas.

5. Perhatikan Kualitas Kemasan
Kemasan atau packaging merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan saat mengecek keoriginalan barang branded, terutama bagian dutsbag. Dustbag atau kantong kain pembungkus produk original dan OEM biasanya lebih bagus dari produk replika. Dustbag juga disertai logo resmi, silica gel, dan disertai petunjuk perawatan. Kain pelapis dalam tas memiliki motif khas yang dijahit dengan hati-hati dan teliti.

Nah, kenapa original dan OEM (Original Equipment Manufacturer) terkesan sama? Hal ini dikarenakan, barang OEM merupakan barang original yang tidak dikeluarkan oleh produsen aslinya. Misalnya, Anda memiliki perusahaan bernama ‘Zanur13’ yang memproduksi tas dengan merek ‘Aku’. Karena produk tas Anda best seller dan Anda kewalahan menanggapi antusisme pembeli, Anda mengadakan kerjasama dengan perusahaan ‘10Brothers’.

Perusahaan ‘10Brothers’ pun memproduksi tas ‘Aku’ dengan kualitas sama seperti perusahaan ‘Zanur13’. Perbedaan perusahaan inilah yang menjadi penyebab munculnya anggapan merek ‘Aku’ keluaran ’10Brother’ sebagai replika, padahal sebenarnya sama originalnya dengan keluaran ‘Zanur13’. Jadi, kualitas barang sama-sama bagus, karena sama-sama pembuatnya. Perbedaan hanya terletak harga produk OEM lebih murah dari original.

Barang KW, Premium/KW Super, Grade Original (GO), BM/Blackmarket, KW1, KW2, KW3, dan lainnya merupakan barang replika. Jadi, jelas barang replika ini tidak memiliki keterkaitan apapun dengan perusahaan aslinya. Berbeda dengan produk-produk branded yang Anda temukan di 9to9 Hush Puppies, dijamin original, bukan OEM apalagi replika.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Membedakan Produk Branded Original, OEM, dan Replika"

Posting Komentar