5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Jalan-jalan ke Purwodadi

Goa Macan, Lowo, dan Urang
5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Jalan-jalan ke Purwodadi

Meski Jawa merupakan salah satu pulau terpadat penduduknya, potensi wisata yang ditawarkan seakan tidak pernah ada habisnya, termasuk Purwodadi yang terletak di Jawa Tengah. Jika Anda berkesempatan untuk jalan-jalan ke Purwodadi, 5 tempat wisata yang direkomendasikan berikut ini wajib Anda kunjungi.

1. Bleduk Kuwu
Jika Anda belum pernah melihat secara langsung meluapnya lumpur Lapindo Brantas, maka Anda bisa melihat Bleduk Kuwu. Bedanya, Anda akan disuguhkan fenomena luapan lumpur yang terjadi murni karena alam, bukan akibat dari perbuatan manusia. Aktivitas pelepasan gas metana, garam, dan mineral yang ada di teras bumi menjadi penyebab utama letupan lumpur. Nah, lumpur bergaram ini sering dimanfaatkan penduduk untuk membuat garam.

2. Api Abadi Mrapen
Seperti halnya fenomena Kayangan Api di Bojonegoro, Anda dapat menyaksikannya di Grobogan. Sangat ajaib bukan, melihat api yang tidak pernah padam meski hujan turun lebat? Penyebab munculnya api adalah karena adanya gas yang keluar dari sela-sela tanah, kemudian langsung terkena api dan tetap mengudara karena gas yang tidak pernah habis.

3. Goa Macan, Lowo, dan Urang
Pegunungan kapur di Purwodadi sangat luas dan banyak terbentuk goa. Goa terkenal di kota yang berbatasan dengan Kota Pati ini adalah Goa Macan, Lowo, dan Urang. Sesuai dengan namanya, Goa Macan pernah dijadikan tempat tinggal macan, Gua Lowo menjadi tempat tinggal banyak kelelawar, serta Goa Urang dengan udangnya yang banyak dimanfaatkan warga sekitar sebagai lauk pauk.

4. Air Terjun Widuri dan Gulingan
Anda pernah mendengar kisah nusantara tentang Jaka Tarub? Nah, air terjun Widuri inilah yang menjadi tempat para bidadari bermain air di bumi. Pemandangannya yang terjaga dan masih alami layak Anda kunjungi. Sedangkan untuk air terjun Gulingan, sangat direkomendasikan bagi Anda yang menyukai udara sejuk dan merendam kaki di bawahnya.

5. Sendang Coyo
Tempat wisata di Purwodadi ini berupa sendang atau mata air yang tidak pernah kering. Sendang Coyo dipercaya sebagai peninggalan Sunan Kalijaga yang pernah menancapkan tongkat di tempat tersebut. Konon, jika Anda membersihkan diri dengan air dari Sendang Coyo di malam 1 Syuro, penampakan Anda akan seperti bayi, alias awet muda.

Selain tempat wisata, Anda bisa menikmati wisata kuliner nasi jagung, sayur becek, ikan bakar tawar, dan sambal gereh. Hidangan ini merupakan alternatif pilihan favorit jika ingin menghindari Swike Kodok yang cukup terkenal di Purwodadi.

Nah, untuk bisa jalan-jalan ke Purwodadi, waktu yang diperlukan sekitar 3½ jam dengan jarak 121 km jika berangkat dari Yogyakarta. Hanya dengan Rp 80.000 (bahkan ada diskon menarik jika pesan online di HTTPS://REDBUS.ID), Anda bisa duduk nyaman di bus elf executive. Operator bus terbaiknya yaitu Rejeki Baru dan Rama Sakti dengan armada bus Shuttle. Untuk perjalanan pulang, Anda bisa memilih Kramat Djati Bandung dan VAL FILA.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Jalan-jalan ke Purwodadi"

Posting Komentar