4 Cara Mengerem Mobil yang Aman untuk Pemula


4 Cara Mengerem Mobil yang Aman untuk Pemula

Salah satu kemampuan dasar yang terpenting adalah mengetahui cara mengerem mobil yang aman. Khususnya bagi pemula. Tak sedikit pula rider pemula yang merasa kesulitan mengerem mobil pada kondisi tertentu. Misalnya saat ada kendaraan yang berhenti tiba-tiba di depan. Nah, bagaimana cara mengerem mobil yang paling aman?

1. Pelajari Sistem Kerja Rem Mobil
Memang, cara untuk bisa adalah dengan mendekatkan diri sedekat-dekatnya. Bila Anda mau cepat bisa berkendara, maka pelajari dulu sistem kerja mobil Anda. Setiap mobil dirancang dengan bentuk dan fungsi berbeda-beda. Dua tipe rem yang paling umum itu standar rem seperti biasa dan ABS (Anti-lock Brake System). Pelajari 2 rem itu dulu.

2. Relaks
Mengendarai mobil itu penuh harus pakai seni biar cepat belajar. Kalau apa-apa panik dan takut, justru akan menghambat proses belajar Anda. Terutama kalau Anda termasuk orang yang belum pernah mengendarai kendaraan. Resep utamanya saat mengerem itu relaks saja. Sebagaimana saat Anda jalan-jalan di tempat wisata yang menyegarkan.

3. Pelan-Pelan Saja
Mobil yang direm mendadak bisa bikin kepala Anda terantuk ke stir. Siapa yang mau berurusan kalau dahi Anda benjol-benjol coba? Maka, sebaiknya injak pelan-pelan saja. Penuh ritme biar ketika berhenti bisa mulus. Kalau diinjak tiba-tiba nanti Anda malah dapat suara klakson bertalu-talu dari kendaraan lain. Malu, kan?

4. Pakai Tumit
Cara paling aman untuk mengerem mobil tentu saja pakai tumit. Kalau Anda mengenakan sepatu, injak dengan bagian kaki paling depan. Jangan semua kaki menginjak, ya. Mengerem yang aman hanya butuh sentuhan kecil, bukan sentuhan besar-besaran. Sedikit demi sedikit saja.

Pengendara yang tidak tahu cara mengerem mobil yang aman bisa membahayakan pengendara lain. Bisa pula sampai berujung kematian. Satu hal yang perlu Anda jaga: jangan sampai mobil Anda dikendarai oleh anak di bawah umur, ya. Anak di bawah umur cenderung liar saat mengemudi. Soalnya dia hanya tahu bersenang-senang saja.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Mengerem Mobil yang Aman untuk Pemula"

Posting Komentar